Blogroll

Tuesday 20 May 2014

Tugas Strategi dan Media Pembelajaran



NAMA             : AHMAD AKHYAR A.A
NIM                 :1261041026
JURUSAN       :PPKn A

Tugas Strategi dan Media Pembelajaran
1.      a. Pengertian media menurut para ahli, 3 pendapat!
b.pengertian alat peraga menurut para ahli, 3 pendapat!
c. pengertian sumber belajar menurut para ahli, 3 pendapat!
2.    Masing-masing perbedaan media, alat peraga, dan sumber belajar!
3.    Identifikasi mana media, alat peraga, dan sumber belajar, contohnya dan jelaskan  !
   

Jawab:

1). a. 1. Suparman, media merupakan alat yang digunakan untuk menyalurkan pesan dan informasi dari pengirim pesan kepada penerima pesan. (Dr. Rer. Nat. H. Rayandra Asyhar, M.Si. ;Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Hal 4)
2. Gagne, Media adalah berbagai komponen pada limgkunga belajar yang membantu pembelajaruntuk belajar. . (Dr. Rer. Nat. H. Rayandra Asyhar, M.Si. ; Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Hal 7)
3. Nation Education Association (NEA), Media adalah segala benda yang dapat dimanipulasikan dilihat, didengar, dibaca, atau dibicarakan beserta instrument yang dipergunakan untuk kegiatan tersebut. (Maharuddin Pangewa; Perencanaan Pembelajaran. Badan Penerbit UNM, hal 169)
b.  1. Estiningsih, alat peraga adalah media pembelajaran yang mengandung atau membawakan ciri-ciri dari konsep yang dipelajari. (Dr. Rer. Nat. H. Rayandra Asyhar, M.Si. ; Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Hal 12)

2.   Sanaky, alat peraga merupakan suatu alat bantu yang dipergunakan oleh pebelajar untuk memperagakan materi pelajaran. (Dr. Rer. Nat. H. Rayandra Asyhar, M.Si. ; Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Hal 12)

3.   Alat peraga ialah alat-alat yang digunakan guru yang berfungsi membantu guru dalam proses mengajarnya dan membantu peserta didik dalam proses belajarnya. (Simak Yaumi dan Syafei, 2012. Media dan Teknologi dalam pembelajaran. Fak. Tarbiyah UIN Alauddin. Modul 1 ).


c. 1. Degeng(1990), sumber belajar merupakan semua sumber yang mungkin dapat digunakan oleh peserta didik agar terjadi prilaku belajar.
2. Depdiknas(2008),sumber belajar adalah segala sesuatu yang ada di sekitar lingkungan kegiatan belajar yang secara fungsional dapat digunakan untuk membantu optimalisasi hasil belajar. (Dr. Rer. Nat. H. Rayandra Asyhar, M.Si. ; Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Hal 8).
3. Roestiyah(1982:59), sumber belajar ialah segala sesuatu yang dapat dipergunakan sebagai tempat atau asal untuk belajar seseorang. (Maharuddin Pangewa; Perencanaan Pembelajaran. Badan Penerbit UNM, hal 165).

2).         Papan tulis yang digunakan guru untuk menyampaikan informasi kepada peserta didik disebut alat peraga, apa yang disampaikan pada papan tulis berupa gambar, teks, dan sejenisnya adalah media, sedangkan guru atau orang yang menyampaikan informasi adalah sumber belajar.
         Tidak semua jenis media pembelajaran dapat difungsikan sebagai alat peraga, akan tetapi semua alat peraga sudah pasti merupakan media pembelajaran. Sebagai contoh,modul atau buku, adalah satu jenis media pembelajaran, namun tidak bisa disebut alat peraga, kecuali kalau keduanya bisa digunakan untuk memperagakan materi tertentu. Sama  halnya dengan media dan sumber belajar, alat peraga memiliki fungsi untuk mempermudah pemahaman tentang suatu materi pembelajaran. Materi yang bersifat abstrak biasanya sukar dipahami oleh siswa tanpa bantuan alat peraga.

3). a. Media pembelajaran
1.  Lingkungan alam. Dengan menggunakan lingkungan alam ini sebagai media pembelajaran maka selain dapat belajar maka para peserta didik juga dapat berinteraksi dengan alam sekitarnya atau dengan kata lain disebut belajar dengan alam.
2.  Televisi. Televisi ini juga dapat menjadi sebuah media pembelajaran yang menyenangkan bagi para peserta didik. Banyak informasi menarik yang terdapat di televisi setiap harinya yang dapat menjadi sumber pembelajaran. Di sini seorang tenaga pendidik dapat memberikan tugas kepada para peserta didik untuk menyimak acara televisi yang sesuai dengan materi pembelajaran yang di ajarkan. 
3.  Internet merupakan sebuah media pembelajaran terbaru yang sangat digemari. Di internet bertebaran berbagai macam informasi menarik yang sangat beragam . Yang dengannya jika seorang tenaga pendidik mampu memanfaatkannya dengan maksimal maka akan sangat mudah dalam mewujudkan sebuah pembelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi para peserta didiknya.






b. Sumber belajar

1.      Pesan, pesan baik formal maupum informal, dapat dimanfaatkan sebagai bahan atau sumber belajar
2.      Orang, pada dasarnya setiap orang dapat berperan sebagai sumber belajar dan bahan pembelajaran karena dari seseorang kita dapat memperoleh informasi dan pengetahuan baru.
3.      Bahan dan program, suatu format yang biasanya digunakan sebagai program pendukung dalam menyimpan pesan-pesan pembelajaran.
4.      Alat, benda-benda yang berbentuk fisik sering disebut juga dengan perangkat keras yang berfungsi sebagai sarana atau alat bantu untuk menyajikan bahan-bahan pada butir 3 diatas.
5.      Metode, cara-cara yang digunakan pebelajar dalam menyampaikan informasi kepada siswa untuk mencapai tujuan.
6.      Latar, situasi dan kondisi lingkungan belajar baik yang berada di dalam sekolah maupun berada di luar sekolah.

c. Alat peraga
1.   Gambar
Gambar adalah suatu bentuk alat peraga yang nampaknya saling dikenal dan saling dipakai, karena gambar disenangi oleh anak berbagai unur, diperoleh dalam keadaan siap pakai, dan tidak mengita waktu persiapan.

2.   Peta

Peta bisa menolong mereka mempelajari bentuk dan letak negara-negara serta kota-kota yang disebut Al-kitab. Salah satu yang harus diperhatikan, penggunaan peta sebagai alat peraga hanya cocok bagi anak besar/kelas besar.

3.   Papan tulis.

Peranan papan tulis tidak kalah pentingnya sebagai sarana mengajar. Papan tulis dapat dirima dimana-mana sebagai alat peraga yang efektif. Tidak perlu menjadi seorang seniman untuk memakai papan tulis. Kalimat yang pendek, beberapa gambaran orang yang sederhana sekali, sebuah diagram, atau empat persegi panjang dapat menggambarkan orang, kota atau kejadian.

Share:

0 comments:

Post a Comment

BTemplates.com

akhyar. Powered by Blogger.

Total Pageviews

Translate

BTemplates.com

Pages - Menu

Pages - Menu