NAMA :
AHMAD AKHYAR A.A
NIM :1261041026
JURUSAN :PPKn A
Tugas Strategi dan
Media Pembelajaran
1. a. Pengertian media menurut para
ahli, 3 pendapat!
b.pengertian alat peraga menurut
para ahli, 3 pendapat!
c. pengertian sumber belajar
menurut para ahli, 3 pendapat!
2. Masing-masing perbedaan media, alat peraga,
dan sumber belajar!
3. Identifikasi mana media, alat peraga, dan
sumber belajar, contohnya dan jelaskan !
Jawab:
1). a. 1. Suparman, media merupakan alat yang digunakan untuk menyalurkan pesan
dan informasi dari pengirim pesan kepada penerima pesan. (Dr. Rer. Nat. H.
Rayandra Asyhar, M.Si. ;Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Hal 4)
2. Gagne, Media adalah berbagai komponen
pada limgkunga belajar yang membantu pembelajaruntuk belajar. . (Dr. Rer. Nat.
H. Rayandra Asyhar, M.Si. ; Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Hal 7)
3. Nation Education Association (NEA),
Media adalah segala benda yang dapat dimanipulasikan dilihat, didengar, dibaca,
atau dibicarakan beserta instrument yang dipergunakan untuk kegiatan tersebut.
(Maharuddin Pangewa; Perencanaan Pembelajaran. Badan Penerbit UNM, hal 169)
b. 1. Estiningsih, alat
peraga adalah media pembelajaran yang mengandung atau membawakan ciri-ciri dari
konsep yang dipelajari. (Dr. Rer. Nat. H. Rayandra Asyhar, M.Si. ; Kreatif
Mengembangkan Media Pembelajaran. Hal 12)
2.
Sanaky, alat peraga merupakan suatu
alat bantu yang dipergunakan oleh pebelajar untuk memperagakan materi
pelajaran. (Dr. Rer. Nat. H. Rayandra Asyhar, M.Si. ; Kreatif Mengembangkan
Media Pembelajaran. Hal 12)
3.
Alat peraga ialah alat-alat yang digunakan
guru yang berfungsi membantu guru dalam proses mengajarnya dan membantu peserta
didik dalam proses belajarnya. (Simak Yaumi dan Syafei, 2012. Media dan
Teknologi dalam pembelajaran. Fak. Tarbiyah UIN Alauddin. Modul 1 ).
c. 1. Degeng(1990), sumber
belajar merupakan semua sumber yang mungkin dapat digunakan oleh peserta didik
agar terjadi prilaku belajar.
2. Depdiknas(2008),sumber belajar adalah
segala sesuatu yang ada di sekitar lingkungan kegiatan belajar yang secara
fungsional dapat digunakan untuk membantu optimalisasi hasil belajar. (Dr. Rer.
Nat. H. Rayandra Asyhar, M.Si. ; Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Hal
8).
3. Roestiyah(1982:59), sumber belajar
ialah segala sesuatu yang dapat dipergunakan sebagai tempat atau asal untuk
belajar seseorang. (Maharuddin Pangewa; Perencanaan Pembelajaran. Badan
Penerbit UNM, hal 165).
2). Papan tulis yang digunakan guru untuk
menyampaikan informasi kepada peserta didik disebut alat peraga, apa yang
disampaikan pada papan tulis berupa gambar, teks, dan sejenisnya adalah media,
sedangkan guru atau orang yang menyampaikan informasi adalah sumber belajar.
Tidak
semua jenis media pembelajaran dapat difungsikan sebagai alat peraga, akan
tetapi semua alat peraga sudah pasti merupakan media pembelajaran. Sebagai
contoh,modul atau buku, adalah satu jenis media pembelajaran, namun tidak bisa
disebut alat peraga, kecuali kalau keduanya bisa digunakan untuk memperagakan
materi tertentu. Sama halnya dengan
media dan sumber belajar, alat peraga memiliki fungsi untuk mempermudah
pemahaman tentang suatu materi pembelajaran. Materi yang bersifat abstrak
biasanya sukar dipahami oleh siswa tanpa bantuan alat peraga.
3). a. Media pembelajaran
1. Lingkungan
alam. Dengan menggunakan lingkungan alam ini sebagai media pembelajaran
maka selain dapat belajar maka para peserta didik juga dapat berinteraksi
dengan alam sekitarnya atau dengan kata lain disebut belajar dengan alam.
2.
Televisi. Televisi ini juga dapat menjadi
sebuah media pembelajaran yang menyenangkan bagi para peserta didik. Banyak
informasi menarik yang terdapat di televisi setiap harinya yang dapat menjadi
sumber pembelajaran. Di sini seorang tenaga pendidik dapat memberikan tugas
kepada para peserta didik untuk menyimak acara televisi yang sesuai dengan
materi pembelajaran yang di ajarkan.
3. Internet merupakan sebuah media
pembelajaran terbaru yang sangat digemari. Di internet bertebaran berbagai
macam informasi menarik yang sangat beragam . Yang dengannya jika seorang
tenaga pendidik mampu memanfaatkannya dengan maksimal maka akan sangat mudah
dalam mewujudkan sebuah pembelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi para
peserta didiknya.
b.
Sumber belajar
1.
Pesan,
pesan baik formal maupum informal, dapat dimanfaatkan sebagai bahan atau sumber
belajar
2.
Orang,
pada dasarnya setiap orang dapat berperan sebagai sumber belajar dan bahan
pembelajaran karena dari seseorang kita dapat memperoleh informasi dan
pengetahuan baru.
3.
Bahan
dan program, suatu format yang biasanya digunakan sebagai program pendukung
dalam menyimpan pesan-pesan pembelajaran.
4.
Alat,
benda-benda yang berbentuk fisik sering disebut juga dengan perangkat keras
yang berfungsi sebagai sarana atau alat bantu untuk menyajikan bahan-bahan pada
butir 3 diatas.
5.
Metode,
cara-cara yang digunakan pebelajar dalam menyampaikan informasi kepada siswa
untuk mencapai tujuan.
6.
Latar,
situasi dan kondisi lingkungan belajar baik yang berada di dalam sekolah maupun
berada di luar sekolah.
c.
Alat peraga
1.
Gambar
Gambar
adalah suatu bentuk alat peraga yang nampaknya saling dikenal dan saling
dipakai, karena gambar disenangi oleh anak berbagai unur, diperoleh dalam
keadaan siap pakai, dan tidak mengita waktu persiapan.
2. Peta
Peta bisa menolong mereka mempelajari bentuk dan letak negara-negara serta kota-kota yang disebut Al-kitab. Salah satu yang harus diperhatikan, penggunaan peta sebagai alat peraga hanya cocok bagi anak besar/kelas besar.
3.
Papan tulis.
Peranan papan tulis tidak kalah pentingnya sebagai sarana mengajar. Papan tulis dapat dirima dimana-mana sebagai alat peraga yang efektif. Tidak perlu menjadi seorang seniman untuk memakai papan tulis. Kalimat yang pendek, beberapa gambaran orang yang sederhana sekali, sebuah diagram, atau empat persegi panjang dapat menggambarkan orang, kota atau kejadian.
0 comments:
Post a Comment